INOVASI PENDIDIKAN

“JALUR, JENIS DAN JENJANG PENDIDIKAN DI INDONESIA

  1. Sekilas Definisi Pendidikan

Pendidikan adalah Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar perserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, Pengendalian diri, Kepribadian, Kecerdasan, Akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus dan sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati gerasi.

Pendidikan menurut Crow dan Crow ( dikutip dari Zahara H, 1992 )dalah proses yang berisi berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan kegiatan seseorang untuk kehidupan sosialnya dan membantu kebiasaan-kebiasaan dan kebudayaan serta kelembagaan  sosial dari generasi ke generasi.

Di Jakarta mengatakan bahwa pendidikan adalah memanusiakan manusia muda. Pengangkatan manusia muda ke taraf insani itulah yang menjelma dalam perbuatan mendidik menurut  kamus Besar Bahwa Indonesia (1989) pendidikan adalah Proses mengubah sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan ( Proses, perbuatan, cara mendidik ).

Dari Definisi pendidikan di atas dapat di lihat pokok-pokok penting pendidikan yaitu :

1.  Pendidikan adalah proses pembelajaran

2.  Pendidikan dalah proses sosial

3.  Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia

4.  Pendidikan berusaha  mengubah / mengembangkan, kemampuan, sikap

dan prilaku positif.

5.  Pendidikan merupakan perbuatan / kegiatan sadar dan yang sesuai

dengan kebutuhan.

6.  Pendidikan memiliki dampak pada lingkungan

7.  Pendidikan berkaitan dengan cara mendidik

8.  Pendidikan tidak terfokus pada pendidikan formal saja tetapi pada

pendidikan formal dan in formal.

Dengan  demikian dapat dikatan bahwa Pendidikan adalah proses sosial dalam memanusiakan manusia melalui yang dilakukan dengan sadar, baik secara terencana maupun tidak. Proses pendidikan bukan hanya apa yang disebut dengan Transfer of  knowledge, Transfer of Value, Transfer of skill, namun totalitas kegiatan yang dapat memanusiakan manusia sehingga menjadi individu yang mampu mengembangkan dirinya dalam menghadapi dan memecahkan berbagai permasalahan dalam kehidupan – lebih tegas dapat dikatan bahwa pendidikan adalah perencanaan masa depan suatu bangsa.

  1. JALUR PENDIDIKAN

Jalur pendidikan adalah wahana yang dilalui peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 Bab VII pasal 13 ayat ( 1 ) menyebutkan bahwa jalur Pendidikan terdiri-dari atas tiga jalur yaitu:

  1. Pendidikan Formal
  2. Pendidikan Non Formal
  3. Pendidikan In Formal

Tiga jalur pendidikan itu dapat saling melengkapi dan memperkaya satu dengan yang lainnya.

Pendidikan sebagaimana yang dimaksud dalam ayat ( 1 ) diselengarakan dengan sistem terbuka melalui Tatap muka dan melalui jarak jauh.

  1. PENDIDIKAN FORMAL

Pendidikan Formal merupakan pendidikan yang diselnggarakan disekolah – sekolah pada umumnya jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan  yang jelas  mulai dari pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, sampai Pendidikan Tinggi.

Satuan Pendidikan Penyelenggara.

1)      Taman kanak-kanak ( TK )

2)      Sekolah Dasar ( SD )

3)      Madrasah Ibtidaiyah ( MI )

4)      Sekolah Menengah Pertama ( SMP )

5)      Madrasah Tsanawiyah ( MTs)

6)      Sekolah Menengah Atas

7)      Madrasah Aliyah

8)      Sekolah menengah Kejuruan

9)      Perguruan Tinggi

(Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, dan Peguruan Tinggi)

  1. PENDIDIKAN NON FORMAL

Pendidikan Non Formal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan Formal yang dapat dilaksanakan secara tersetruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan Non formal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan  mengacu pada standar Nasional  Pendidikan.

Pendidikan Non formal diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan pelengkap pendidikan Non Formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang  hayat.

Pendidikan Non Formal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik  dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap  dan kepribadian profesional.

Bentuk Pendidikan Non Formal

1.  Pendidikan Usia Dini ( PAUD )

2.  Pendidikan Taman Penitipan Anak ( TPA )

3.  Pendidikan Kesetaraan ( Program Paket A Setara SD, Paket B Setara SMP, dan Paket C Setara SMU ).

4.  Pendidikan Keaksaraan ( Keaksaraan Dasar, Keaksaraan Lanjutan dan Keaksaraan Mandiri. )

5.  Pendidikan Kecakapan Hidup ( PKH )

6.   Pendidikan Pemberdayaan Perempuan/ Jender

7.  Taman Bacaan Masyarakat ( TBM )

8.  Kursus ( KWD, KWK, KPP )

9.  Pendidikan Keterampilan dan Pelatihan Kerja.

Satuan Pendidikan Penyelenggara

1.  Kelompok bermain ( KB )

2.  Taman Penitipan Anak ( TPA )

3.  Lembaga Kursus

4.  Sanggar Pelatihan

5.  Lembaga Pelatihan

6.  Kelompok Belajar ( KEJAR )

7.  Pusat Kegiatan Masyarakat ( PKBM )

8.  Majelis Ta’lim

9.  Sanggar Kegiatan Belajar. ( SKB )

  1. PENDIDIKAN IN FORMAL

Pendidikan In Formal adalah Jalur Pendidikan Keluarga dan lingkungan yang berbentuk  kegiatan belajat secera mandiri. Hasil pendidikan In Formal diakui sama dengan pendidikan formal dan Non formal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan in formal adalh keluarga dan lingkungan.

  1. JENIS PENDIDIKAN

Jenis Pendidikan adalah kelompok yang didasarkan pada kekhususan tujuan pendidikan suatu satuan pendidikan jenis-jenis pendidikan terdiri-dari :

1. Pendidikan Umum

Pendidikan Umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang di perlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Bentuk satuan Pendidikannya adalah :

  1. Sekolah Dasar ( SD )

Madrasah Ibtidaiyah ( MI )

Paket A Setara SD

  1. Sekolah Menengah Pertama ( SMP )

Madrasah Tsyanawiyah  ( MTs )

Paket B Setara SMP

  1. Sekolah Menengah Atas ( SMA )

Madrasah Aliyah ( MA )

Paket C Setara  SMU

  1. 2. Pendidikan Kejuruan

Pendidikan Kejuruan merupakan Pendidikan Menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Bentuk Satuan pendidikannya adalah Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )

  1. 3. Pendidikan Akademik

Pendidikan Akademik merupakan Pendidikan Tinggi program Sarjana dan Pasca sarjana yangn di arahkan terutama pada penguasaan disiplin Ilmu Pengetahuan Tertentu

  1. Pendidikan profesi

Pendidikan Profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki suatu profesi atau menjadi seorang profesional .

Salah satu yang di kembangkan dalam pendidikan tinggi dalam keprofesian adalah yang sebut progaram Diploma, mulai dari D I sampai dengan D 4 dengan berbagai konsentrasi bidang ilmu keahlian. Konsentrasi pendidikan profesi dimana para mahasiswa lebih  diarahkan kepada para minat menguasai keahlian tertentu. Dalam bidang keahlian dan keprofesian khususnya desain komunikasi visual terdapat jurusan seperti Desai grafis untuk D 4 dan Desain Multimedia dan Desain Periklanan untuk D 3 . dalam proses belajar mengajar dalam pendidikan keprofesian akan berbeda dengan jalur kesarjanaan ( S 1 ) pad setiap bidang studi tersebut.

  1. Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan perserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal, dalam jenjang diploma D 4 serta dengan program Sarjana ( Setara 1 ).

  1. Pendidikan Keagamaan

Pendidikan keagaamaan di selenggarakan oleh Pemerintah dan Kelompok

Masyarakat dari pemeluk agama sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan  yang merupakan Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tingggi.

Pendidikan Agama berfungsi mempersiapkan perserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan menjadi ahli Ilmu Agama.

Pendidikan agama dapat diselenggarakan pada jalur pendidikan Formal, Informal dan Non formal.

  1. Pendidikan Khusus

Pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang berlainan atau peserta Luar Biasa yang diselenggarakan secara Inklusif

( Bergabung dengan Sekolah Biasa ) atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah  ( dalam Bentuk sekolah Luar biasa / SLB)

  1. JENJANG PENDIDIKAN

Jenjang pendidikan adalah tahapan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan.

Pendidikan di Indonesia

Tiga Jenjang Pendidikan yaitu:

1.   Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi Jenjang pendidikan Menengah yaitu Pendidikan Dasar ( SD / MI / Paket A dan SLTP / MTs / Paket B )

2.   Pendidikan Menengah

Terdiri atas Pendidikan Menengah Umum  dan Pendidikan Mengah Kejuruan Pendidikan Menengah Umum ( SMA / MA / Paket C ), dan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ), Madrasah Aliyah Kejuruan ( MAK ), atau bentuk lainnya yang sederajat

  1. Pendidikan Tinggi

Pendidikan Tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan Diploma, Sarjana, Magister, Spesialis, dan Doktor yang di selenggarakan oleh Perguruan Tinggi.

Meskipun tidak termasuk dalam jenjang pendidikan, terdapat pula pendidikan anak Usia Dini, pendidikan yang diberikan sebelum memasuki pendidikan dasar.

Jalur, Jenis dan Jenjang Pendidikan dapat diwujudkan dalam bentuk satuan pendidikan yang di selenggarakan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Dareah dan Masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: